PARADOKS Bagian 27

by - October 13, 2019


     Ruangan ini  adalah  tempat  yang  paling  sering  aku  singgahi  di  rumah  sakit  megah.  Ruang  ini  pula  telah  menjadi  saksi  bahwa  aku  pernah  menjadi  anak  dari  ratu  penghuni  tempat  ini.  Suka,  duka,  tangis,  tawa  memenuhi  hingga  di  setiap  sudutnya.  Seperti  biasa,  aku  terkapar  di  ruang  sunyi,  sendiri  tanpa  adanya  orang  lain  menemani.  Ibu  masih  menjalankan  tugasnya  sebagai  dokter,  sementara  aku  diminta  untuk  menunggu  disini,  di  ruang  pribadinya.  Katanya  ia  ingin  mengajakku  kesuatu  tempat  nanti,  ku  rasa  yang  di  maksut  ialah  tempat  makan.  Karena  memang  sebentar  lagi  memanglah  jam  untuk  istirahat  makan.  Rasanya  menunggu  itu  tak  begitu  mengenakkan  tapi  aku  cukup  menikmatinya.  Semua  gelap,  tanpa  sadar  aku  terlelap  dalam  penantian.  

Kreeekkk...
“Anak  ini  tidur  ternyata,  sepatu  enggak  di  lepas  pula.  Dasar,  gemesin  banget  sih”
“Athan,  bangun  nak.  Ayo  makan  dulu,  pasti  belum  makankan?”  katanya  dengan  sedikit  mengguncang-guncangkan  tubuhku.
“Ibu  sudah  selesai?”  tanyaku  singkat  melihat  melihat  Ibu  yang  telah  berada  di  hadapanku.

     Ibu  begitu  fokus  mengemudikan  mobil,  sementara  aku  duduk  di  bangku  belakang  seperti  biasanya.  Ibu  masih  tidak  mengizinkan  aku  menemaninya  duduk  di  depan.  Aku  tak  begitu  bisa  menikmati  perjalanan  berkendara,  berkendara  hanya  akan  membuatku  sakit.  Suara  bising  yang  keluar  dari  knalpot  serta  bunyi  orang-orang  yang  tak  sabar  terperangkap  dalam  kemacetan.  Aku  lebih  memilih  tidur  ketimbang  mendengar  apa  yag  dapat  menyakiti  telingaku.

                “Kita  telah  sampai  nak,  ayo  turun”,  tegur  ibu  membukakan  daun  pintu.
     Tempat  ini  bukan  restoran.  Untuk  apa  ibu  membawaku  ke  tempat  yang  penuh  dengan  roh-roh  yang  penunggu  bumi.  Aku  memang  tak  bisa  melihat  wujud  mereka  tapi  aku  bisa  merasakan  keberadaannya.  “Ibu,  untuk  apa  kita  mengunjungi  tempat  ini”  tanyaku  yang  tak  mendapati  jawaban.  Ia  masih  melangkah  menghiraukan  tanyaku  dan  menggandeng  tanganku,  seperti  ajakan  tanpa  kata.  Sementara  di  sisi  lainnya,  ia  membawa  dua  buket  bunga  krisan.  Bunga  yang  melambangkan  kesedihan.

“Ere,  kenalin  ini  kakakmu.  Namanya  Athan”
“Athan  kakak  yang  sangat  baik,  Ere  pasti  suka  jika  bertemu  dengan  kak  Athan”

Sebelum  ini  satu  buket  bunga  krisan  diletakkan  diatas  batu  dengan  bertuliskan  nama  Fadere.  Ibu  berbicara  seolah  sedang  berbincang  dengan  seseorang  yang  tak  terlihat.  Ternyata  selama  ini  aku  tak  tahu  bahwa  Ere  adalah  nama  dari  anak  ibu  yang  sudah  meninggal  dunia.
 
                “Satu  buket  lagi  untuk  siapa  bu?”  tanyaku 
                “Untuk  ayah  Athan”  buket  bunga  yang  tersisa  asal  di  tinggalkan  di  gerbang  keluar  masuk  pemakaman.  Sesungguhnya  aku  tak  mengerti  kenapa  tak  diletakkan  diatas  batu  nisan  seperti  buket  sebelumnya.

     Di  jalan  menuju  parkiran  mobil,  lagi-lagi  aku  bertemu  Thanatos.  Dia  tak  mengatakan  apapun,  hanya  saja  ia  mengikutiku  sampai  aku  masuk  di  mobil.  “Athan  saya  tahu  siapa  engkau  yang  sesungguhnya”



To  Be  Continued  ...

You May Also Like

0 Comments