PARADOKS Bagian 30 (TAMAT)

by - October 13, 2019


     Aku  kembali  menginjakkan  kaki  di  bumi  dengan  wujud  sebagai  Athan.  Dunia  telah  banyak  berubah.  Manusia  juga  semakin  membeludak  memenuhi  muka  bumi.  Lima  hari  yang  lalu  di  hitungan  waktu  dunia  atas,  aku  kembali  di  rotasi  keberadaanku  yang  sebenarnya,  sebagai  dewa  akan  alam  semesta.  Untuk  menjadi  penyeimbang  sifat  lahiriyah  kehidupan  manusia.  Satu  hari  kehidupan  di  dunia  atas  sama  dengan  satu  tahun  di  dunia  manusia.  Itu  artinya  kehidupanku  sebagai  manusia  telah  lima  tahun  usai.  

     Lima  tahun  yang  lalu,  aku  kembali  kesosokku  yang  seharusnya  sebagai  dewa.  Percakapan  bersama  Zeus  membuatku  memutuskan  untuk  kembali  hidup  menjadi  dewa  namun  dengan  satu  syarat.  Membiarkan  agar  orang  yang  aku  panggil-panggil  sebagai  ibu  di  berikan  keabadian  untuk  bisa  hidup  di  dunia  atas  bersamaku.  Zeus  pun  menyetujuinya.

“Maaf  nak,  ibu  tidak  bisa  ikut  dengan  Athan”
“Ibu  memiliki  takdir  dan  dunia  sendiri  sebagai  manusia”
“Athan  kembalilah  menjadi  dewa,  ibu  ikhlas  jika  itu  demi  kebaikan  umat  manusia”

     Ternyata  ibu  mendengar  percakapan  kami  dan  menolak  dengan  tegas  apa  yang  aku  inginkan  dari  Zeus  untuk  kehidupan  manusiaku.  Matanya  berkaca-kaca  menatapku,  mencoba  tegar  dengan  apa  yang  terjadi,  menahan  terjangan  air  mata  yang  memaksa  keluar.  Ia  melangkah  ke  arahku  dan  memelukku  untuk  terakhir  kalinya.  Tak  terbayangkan  olehku,  jika  ibu  akan  kembali  hidup  sendiri  tanpa  seseorang  yang  menemaninya.  Akankah  ia  baik-baik  saja.  Andai  aku  bisa  merubah  keputusanmu  ibu,  pasti  kau  tak  akan  sendiri  lagi.

“Saya  pasti  akan  hidup  dengan  bahagia  wahai  dewa.  Maafkan  hamba  sempat  tidak  memperlakukan  engkau  dengan  baik”  kalimat  terakir  yang  aku  dengar  meski  itu  bukan  sebagai  ibu,  melainkan  seorang  manusia  kepada  sang  dewa,

     Turunnya  aku  kebumi  sesungguhnya  hanya  ingin  menjenguk  dan  menanyakan  kabar  pada  ibu.  Ku  harap  ia  masih  mengingat  siapa  aku  sebelumnya.  Jalan  raya,  gedung-gedung,  tumbuh-tumbuhan,  semua  telah  berubah.  Ketika  aku  berjalan  ke  rumah  yang  dahulu  pernah  aku  singgahi  sebagai  manusia,  tiba-tiba  ada  laki-laki  kecil  yang  menabrakku.  Mungkin  ia  masih  berusia  dua  tahun  kehidupan  manusia.  Ia  terjatuh  dan  ketika  aku  ingin  membangunkan  anak  kecil  itu  dari  duduknya,  sesosok  perempuan  berlari  dan  membangunkan  anak  kecil  itu  sebelum  tanganku  menyentuhnya.
 
            “Athan  jangan  lari-lari  dong  nak,  kan  jadi  nabrak  kakak  tuh”
            “Maaf  ya  dek,  anak  saya  emang  kurang  hati-hati”  ucapnya  membuatku  terperanga,  sebab  perempuan  itu  adalah  manusia  yang  dahulu  aku  panggil  ibu.  Mungkinkah  ia  tak  lagi  mengenaliku.

“Ibu,  apa  anda  tidak  mengenali  saya?”  tanyaku  padanya.
“Maaf  ya  dek,  sepertinya  saya  belum  pernah  bertemu  dengan  adek.  Mungkin  adek  salah  orang”  jawabnya  dengan  menggendong  anaknya.
“Maaf  sebelumnya  mungkin  saya  memang  salah  orang.”  ucapku  dengan  seuntai   senyum,  lalu  kulihat  air  matanya  mengalir  membasahi  pipi.  Kami  berjalan  berlawanan  arah,  di  depan  rumah  ada  seorang  laki-laki  yang  mungkin  adalah  suami  dari  ibu  saat  ini.

     Aku  lupa  dengan  tatanan  dewa,  bahwa  manusia  yang  berinteraksi  dengan  dewa  haruslah  di  tutup  usianya.  Mungkin  Zeus  mengerti,  jika  ibu  adalah  manusia  yang  sangat  berharga  bagiku,  jadi  ia  memberikan  keluarga  namun  menghapus  ingatannya  tentangku.  Bukankah  ini  akhir  yang  bahagia,  tapi  mengapa  aku  merasakan  sesak  yang  tak  perah  ku  rasakan  sebelumnya.



THE  END

You May Also Like

2 Comments

  1. 😭 itulah rasa sesak kerinduan, kehilangan Athan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, mungkin demikian ya
      *terimakasih telah mengunjungi blog kami:)

      Delete